Friday, February 27, 2009

Jurnal Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil - Universitas Pelita Harapan
Petunjuk Penulisan
Nopember 30, 2006

JURNAL TEKNIK SIPIL menerima naskah ilmiah dari ilmuwan dan praktisi bidang teknik sipil atau yang terkait, bisa berupa hasil penelitian, studi kasus, pembahasan teori dan resensi buku, serta inovasi-inovasi baru yang belum pernah dipublikasikan. Bila pernah dipresentasikan dalam seminar agar diberi keterangan lengkap.

Jurnal terbit berkala tiap semester, Januari dan Juli . Pertama kali terbit tahun 2004 dengan misi sebagai sarana publikasi ilmiah bagi komunitas akademik Universitas Pelita Harapan, tetapi terbuka juga bagi institusi lainnya.

Naskah ilmiah hendaknya ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris yang baik dan benar. Penulis setuju mengalihkan hak-ciptanya ke Jurusan Teknik Sipil UPH, jika dan pada saat naskah diterima untuk diterbitkan.

Naskah tidak akan dimuat jika mengandung unsur SARA, politik, komersil, subyektifitas yang berlebihan, penonjolan seseorang yang bersifat memuji maupun merendahkan.

Karangan hendaknya lengkap memuat :
Judul karangan.
Nama penulis (tanpa gelar) dan alamat email.
Nama lembaga atau institusi tempat penulis bekerja.
Abstrak dan kata kunci dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Panjang abstrak  200 kata.
Batang tubuh : pendahuluan, inti pokok karangan dan simpulan.
Daftar pustaka disusun alfabetis dengan format: nama penulis .(tahun terbit). “Judul Artikel”. nama jurnal / prosiding, nama editor (bila ada), nama penerbit, volume dan nomor jurnal atau kota tempat diterbitkan. Pengutipan pustaka pada naskah dengan cara (nama dan tahun), tanpa koma (Rifai 1995).

Naskah diketik pada kertas A4 dengan jumlah halaman antara 8-15, dan diserahkan dalam bentuk soft-copy file MS-Words memakai format standar , karena format naskah akan disesuaikan redaksi. Bila ada gambar digital pada naskah, tempatkan pada kondisi in-line (mengikuti baris), pastikan mempunyai resolusi cetak ( 200 dpi) serta cukup jelas bila direduksi sampai 60% dari aslinya. Pakailah satuan S.I.

No comments: